Tuesday, April 29, 2008

benefit that I got

sekolah jauhhh dr indonesia. suka bete? pasti. suka nangis? jangan ditanya lagi. tapi selain kekurangan2 diatas, banyak juga kelebihan yang saya temui as a human being...

1. Kadar manja, berkurang drastis
- Ngga bawa mobil sendiri disini, i loose my soulmate blue jazzy. Tergantikan oleh greeny bike yang lusuh, atau MY OWN FEET. Ngga ada yang namanya bangun pagi males2an, manasin mobil. Yang ada face the reality that kita harus ngeboseh buat sampai kampus... Huhuhu.
- Ngga pernah lagi minta dimasakin, nyuci baju sendiri. Walaupun untuk yang terakhir saya masih males les les otomatis nyuci baju paling sebulan sekali atau dua kali, itupun baru kepaksa kalo ngeh persediaan underwear habis. Bagaimana dengan masakan? Yang jelas ngga ada yang namanya fine dining, alias masak bener2 niat. All instant. Kalo ngga instan ya palingan nasi goreng. Atau paling banter bikin beef teriyaki, tapi saus teriyaki-nya juga instan sih. Hehehe.

2. Respect my family better
Selama di Indonesia kayanya sering banget berantem sama ayah, ibu, atau adik2. Tapi disini baru nyaho rasanya jauhhh dari Indonesia. Mana ngga pernah lihat muka Bapak atau Ibu di internet, entah kenapa mereka berdua terlalu gaptek ama urusan internet, lebih prefer telf. Ibu udah pasang ym mobile di hp, tp tetep aja males nyalain. Bapak udah masang speedy tp ga tau caranya download ym. Duuuhhhhhh =)

3. Receive everything
Ngga pernah ngeluh lagi nihhhh... Makan apa aja, ayoooo... Makan seminggu lauknya sama terus tiap hari, ga masalah... Ngga makan enak juga gpp. Ini juga yang ngebuat saya makan kambing semenjak di Belanda. Soalnya beberapa kali ke acara makan2 dan tau sendiri kan what's important is makan2 gratis buat anak kost-an, and they serve daging kambing. Skrg mah hajar aja, bahkan temen bilang "Lan, itu kambing lho", udah ilang deh eneg2nyaa... Suka kambiiinggg sekarang!

4. Mau ga mau mesti belajar
Gara2 Indonesia tuh sistem belajarnya super duper bedaaaaa sama disini. Kalo di Indonesia kan ibaratnya di kelas kita kaya disuapin sama dosen. Kalo kita ga ngerti, dosen bisa bener2 jelasin dan make sure kita ngerti ti ti ti (di kampus ku sih, mungkin di kampus lain bisa beda atau sama). Nah di Belanda, ngga ada cerita kaya gini. Dosen bla bla bla aja nganggep kita udah baca2 dulu sebelum masuk kelas, dan ga pernah jelasin terlalu detail. Duh, sejak kapan kita2 orang Indonesia terbiasa belajar dulu sebelum ikut kelas???

5. Kerja
Seperti sudah dijelaskan di blog sebelumnya...

Duhhh segini dulu deh berhubung stunduh hayang sare teu kuat... Nanti disambung2 lagi kalo2inget ada yang kurang atau gimana gitu yaaa =)

1 comments:

PnDuu said...

ah mosok Bpk gaptek sih...

mank bnr yaph??

mknya mbak.. ajarin dunk biar pnter...

Bpk & Ibu salut dgn smangat bljr mbak wulan...

maju trs mbak pntang mndur...

jgn ska mnyerah...

Do'a ddri Ibu, Bpk, Mbak Ayaz, am Ndu..